Wednesday, April 15, 2015

INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM






Institut Agama Islam Darussalam (IAID) adalah Perguruan Tinggi Agama Islam yang menggabungkan antara pendidikan akademik dengan pendidikan kepesantrenan, yaitu Pondok Pesantren Darussalam. Pendidikan Tinggi Islam yang lahir pada tanggal 1 Juni 1970 ini sejak lama dipercaya pemerintah dan masyarakat untuk mendidik calon-calon sarjana ulama-cendekia, yang memiliki visi ke-islam-an, keilmuan, kebangsaan, dan kmasyarakatan. Kepercayaan itu dibuktikan dengan jumlah ribuan alumni yang tersebar hampir di seluruh pelosok nusantara dalam berbagai peran dan kedudukan.

Visi ; " Menghasilkan akdemisi muslim yang memiliki ketajaman intelektual, ketangguhan iman, kepekannurani, dan kekuatan moral"

Kurikulum IAID diarahkan pada pemberian pengalaman belajar yang berorientasi pada kompetensi yang telah ditetapkan. Muatan kurikulum IAID terdiri dari empat unsur terintegrasi, yaitu:
1. Unsur yang membangun kemampuan dasar ilmu-ilmu keislaman, yang tercermin dalam Mata Kuliah Umum (MKU)
2. Unsu yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berpikir reflektif-filosofis serta kehandalan metodologis dalam menghadapi problematika keagamaan dan kemasyarakatan, yang tercermin dalam Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)
3. Unsur yang berfungsi untuk mengembangkan spesialisasi program studi, yang tercermin dalam Mata Kuliah Keahlian (MKK)
4. Unsur yang berfungsi untuk memperkaya , melengkapi, dan mendukung kemampuan akademik dan profesional mahasiswa, yang tercermin dalam mata kuliah pilihan/pendukung (MKP)
Keunggulan IAID dapat dilihat dari beberapa hal berikut:
-Terakreditasi BAN_PT
-JUrnal Ilmiah Terakreditasi Dirjen Dikti
-Biaya relatif terjangkau
-Lokasi kampus strategis
-Dosen berpengalaman(Magister, Doktor, dan Guru Besar)
-Lulus tepat waktu
-Digital library
-Ruang kuliah AC/LCD/ICT
-Laboratorium bahasa
-Laboratorium komputer
-Hotspot area
-Pengajian kitab Kuning
-Program Ma'had Aly
-Beasiswa berprestasi
-Oraganisasi kemahasiswaan
-Inkubasi Bisnis (INBIS)
-Dll

No comments:

Post a Comment